arah mata angin

Ni Nengah Hardiani:

Orang bali seperti punya kompas dlm dirinya, semua posisi benda dan arah dihubungkan dgn arah mata angin.



Like · · Unfollow Post · 11 hours ago via mobile





Frans Hananto, Shunt Wirasubrata, Rudi Cool and 2 others like this.



Laskar Lawu: balinya mana gex...?

11 hours ago · Like



Dukun Koplak: asal jangan masuk angin. Demikian begetoo..

11 hours ago · Like



Pan Dana: Biasanya gunung(adia) yg dipakai acuan sebagai hulu/kepala.

11 hours ago via mobile · Unlike · 1



Ichsant Sopian: seperti kebiasaan ya..

10 hours ago · Unlike · 1



Ni Nengah Hardiani: iya, aku males belajar ttg mata angin ini. jadi agak repot tadi.

7 hours ago · Like



Ni Nengah Hardiani: kakakku beri tahu tadi, pokoknya kalau arah sanur itu timur. daripada aku bingung lihat matahari, apalagi kalau sedang mendung. aku biasa pakai patokan kiri or kanan. maklum, ngga lahir dan besar di bali, walaupun sudah lama juga tinggal di bali. :(

7 hours ago · Like



Anastasia Ika: ‎..kalo gak salah pura kecil (gak tau namanya yg bener) di dpn ngadep ke timur, pura besakih

6 hours ago via mobile · Like



Ni Nengah Hardiani: ‎@laskar: tinggal di denpasar, asal ortu dari klungkung.

3 hours ago via mobile · Like



Ni Nengah Hardiani: Kalau berada di rumah orang bali, di pekarangannya ada pura keluarga yg pasti berada di sudut utara.

3 hours ago via mobile · Like



Fardasyah Tamala: itu kebiasaan orang bali sejak dulu ? Atau gimana mba ?

3 hours ago via mobile · Like



Gede Putu Mariasa: Koreksi dikit, Nengah... Sanggah keluarga tidak selalu di sudut Utara, karena Utara di Bali Selatan artinya adalah 'kaja' (arah gunung), sedangkan di Bali Utara artinya 'kelod' (arah laut). Arah gunung dan arah matahari terbit lah yang selalu dipakai hulu / kepala / arah yang baik.

2 hours ago · Like · 1



Agus Johan: tapi kenapa semua armada blue bird maseh memerlukan GPS di setiap armadanya ya bu?

2 hours ago · Like



Sasong Kosong: Jadi di Bali tidak ada jalan simpang 3 atau 5, mbak Ni ?

about an hour ago via mobile · Like



Ozzy Ozzaway: adanya simpang siur...

about an hour ago · Like



Bara Kara: pasti magnetnya kuat..

57 minutes ago · Like



Ni Nengah Hardiani: ‎@Gede Putu M: Oo gitu ya..

35 minutes ago · Like



Ni Nengah Hardiani: pantes aku bingung dgn arah mata angin ini, setelah baca penjelasan Gede Putu M. aku tambah bingung.

34 minutes ago · Like



Ni Nengah Hardiani: Agus Johan: mungkin supaya lebih akurat.

33 minutes ago · Like



Ni Nengah Hardiani: Sasong Kosong: banyak, malah ada yg lebih dari simpang 5.

33 minutes ago · Like



Ni Nengah Hardiani: ‎Fardasyah Tamala: mungkin kebiasaan sejak dulu.

32 minutes ago · Like



Kie On: Tp pusatnya dimana, kalau sanur di timur dari arah mana, bisa sebaliknya

23 minutes ago · Unlike · 1



Ni Nengah Hardiani: iya maksudnya, kalau dari rumahku, sanur itu ada di arah timur.

22 minutes ago · Like · 1





Dika Ketut: Kompas di Bali Timur dan barat serta hulu dan hilir

Hulu = Kaja (gunung )

Hilir = Kelod (menuju laut)

Timur= matahari terbit
Barat= mata hari tenggelam

16 minutes ago · Unlike · 1



Kie On: Kalau di jkt, bekasi ada di timur, kalau tangerang barat, kalau utara laut, kalau selatan Bogor, kalau hujan jakarta BANJIR

15 minutes ago · Unlike · 1



Ni Nengah Hardiani: gunung dan laut yg mana? kan ada banyak. trus kalo lagi mendung, matahari ngga kliatan, gimana?

14 minutes ago · Like



Kie On: Kan sdh hafal, dulu suka coba jalan yg blm pernah di lewati, tapi kira tahu akan tembus jln apa nantinya, atau kalo sdh jalan ke kanan kita hrs balik ke kiri lagi, kalau ke kanan terus balik tempat asal.

10 minutes ago · Unlike · 1

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar